Kamis, 09 Mei 2013

PENGERTIAN STROKE


Beberapa pengertian Stroke :

1. Stroke
adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi bio-kimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel otak.

Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Stroke adalah penyebab
kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa (Jauch, 2005). Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang si penderita mengalami kelumpuhan pada anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. (by thesecretalert)
2. Definisi stroke menurut WHO adalah suatu gangguan fungsi saraf akut yang disebabkan oleh karena gangguan peredaran darah otak, dimana secara mendadak (dalam beberapa detik) atau secara cepat (dalam beberapa jam) timbul gejala dan tanda yang sesuai dengan daerah fokal di otak yang terganggu.

Menurut patofisiologinya, stroke diklasifikasikan menjadi stroke iskemik dan stroke hemoragis. Kurang lebih 83% dari seluruh kejadian stroke berupa stroke iskemik, dan kurang lebih 51% stroke disebabkan oleh trombosis arteri
yaitu pembentukan bekuan darah dalam arteri serebral akibat proses aterosklerosis.

3. Stroke (Penyakit Serebrovaskuler) adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.
 

4. A stroke is the sudden death of brain cells in a localized area due to inadequate blood flow.

Description
A stroke occurs when blood flow is interrupted to part of the brain. Without blood to supply oxygen and nutrients and to remove waste products, brain cells quickly begin to die. Depending on the region of the brain affected, a stroke may cause paralysis, speech impairment, loss of memory and reasoning ability, coma, or death.
A stroke also is sometimes called a brain attack or a cerebrovascular accident (Medical devinition).

Stroke bisa berupa iskemik maupun perdarahan (hemoragik).
Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena aterosklerosis atau bekuan darah yang telah menyumbat suatu pembuluh darah.
Pada stroke hemoragik, pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya.
(Website Analis kesehatan 11 Maret 2009)
Dari 4 devinisi tersebut diatas kita dapat memahami penyebab Stroke adalah kekurangan aliran darah dan aliran oksygen ke otak yang mengakibatkan kerusakan dan kematian jaringan otak.

Menurut penjelasan dari beberapa Dokter maupun Physoteraphy masih ada jaringan jaringan yang mungkin tumbuh sebagai pengganti jaringan jaringan yang sudah rusak dan mati.

Apa yang perlu dilakukan adalah agar terus menjaga aliran darah tetap mengalir lancar dengan mengkonsumsi obat pengencer darah. Juga ada informasi dari Amerika Serikat untuk memberikan tambahan oxygen dengan system tertentu. Hal ini sudah melalui testing terhadap sejumlah pasien Stroke dan memberikan secercah harapan. Nantikan artikel tentang Oxygen di blog ini.

Disamping itu yang perlu diperhatikan agar pasien mengikuti program pemulihan yang disarankan oleh Dokter rehabilisi medik dan Phisoterapy antara lain dengan Latihan oleh pasien setiap hari untuk melatih daya tahan (endurance). Tanpa latihan 1 hari akan dirasakan mengurangi kesegaran daya tahan pasien.

Yang terakhir, serangan Stroke bukanlah akhir dari segalanya, bukan pula hari kiamat. Kita harus tetap optimis. Semuanya tergantung kepada doa, semangat dan dukungan kasih dari keluarga dan pengobatan dari Dokter.